Kamis, 10 Februari 2011

Cara membuat permen lolipop

Pabrik Pembuatan Permen lolipop

Lollipop candy
Lollipop candy atau permen lollipop merupakan permen gula terfavorit yang sudah ada sejak jaman dulu kala. Permen ini lebih kita kenal dengan permen batangan dengan beraneka ragam warna dan bentuk yang lucu. Permen ini sangat disukai oleh anak-anak dan mudah dijumpai dimana-mana.
Tapi, tahukah anda bahwa membuat permen lollipop yang sempurna benar-benar membutuhkan proses yang tidak sederhana? Mari kita simak cara membuat permen lollipop berikut ini…
Sirup jagung dan gula yang telah dipanaskan 
Di San Jose California terdapat sebuat pabrik permen lollipop tertua yang bernama Kendon Candies. Kendon Candies merupakan pabrik permen lollipop terbesar ketiga yang mampu menghasilkan kurang lebih 15.000 permen lollipop dalam sehari. Menurut Tom Kennedy sang pemilik usaha tersebut, permen lollipop yang baik dihasilkan dari perpaduan 60% sirup jagung (corn syrup) dan 40% gula dan dipanaskan pada suhu 310 derajat fahrenheit dengan menggunakan thermometer permen yang baik.
Tempering 
Permen cair dari hasil pemanasan dalam boiler selanjutnya dituangkan diatas meja marmer. Proses ini disebut tempering guna menurunkan suhu masak permen cair. Setelah suhunya menurunkan, proses pemberian warna pun dapat dilakukan. Gunakan pewarna khusus candy yang aman dikonsumsi dan tidak mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

pewarnaan permen
Campurkan pewarna candy untuk membuat permen lollipop yang beraneka macam warna. Uleni hingga seluruh permukaan gula tercampur seluruhnya dengan warna.
pewarnaan permen
Untuk membuat bagian dalam permen lollipop, permen diletakkan didalam penarik yang akan menarik permen seperti membuat gula-gula.
Bagian yang putih dilapisi dengan bagian permen yang berwarna-warni. Letakkan secara berselang seling agar permen lollipop menjadi paduan yang menarik.
Langkah berikutnya adalah memasukan adonan permen ke dalam roller penggiling agar permen tercampur 

Pelapisan permen



dan membentang tipis. Setelah membentang tipis, permen diukur dan dipotong agar kemudian dapat dililitkan pada batang permen lollipop.
permen dalam roller
melilitkan permen lollipop 
Dan Jadilah permen lollipop yang dapat kita nikmati….

8 komentar:

  1. nice articles,,,
    i like it,,

    BalasHapus
  2. i like it.. www.starcandy-lollypop.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Dicari Agen Permen Lolipop

    www.permenlolipopmurah.com

    BalasHapus
  4. Postingan ini memberi gambaran adanya peluang bisnis yang mesti ditekuni...thanks bro
    Permen Lolipop|Agen Permen Lolipop|Distributor Permen Lolipop

    BalasHapus
  5. nice lolipop
    www.permenlolipoponline.com

    BalasHapus
  6. Hi. Saya berminat utk mengetahui tentang penghasilan lolipop ni. Boleh terangkan bagaimana lapisan tersebut digulung selepas ia diletakkan secara berselang-seli? Maaf kerana saya tdk begitu memahami bahasa indonesia.

    BalasHapus
  7. Kat mana boleh saya tau lebih lanjut. Can u give me the link? tq

    BalasHapus